Kamis, 19 September 2013

Cara Awal Mendapat Kepercayaan Buyer lewat COD (Cash On Delivery)



Bagi pebisnis online yang baru merintis, mungkin susah sekali membangun kepercayaan kepada pembeli (buyer), untuk mengatai masalah tersebut dari pihak pembeli jangan segan-segan untuk melakukan sistem cash on delivery (COD),  karena sistem ini salah satu cara untuk memperoleh kepercayaan pelanggan dengan mudah dan cepat. Mekanisme pembayaran yang satu ini sering dilakukan oleh pelaku bisnis online. Sebab, konsumen merasa lebih aman jika melakukan pembayaran saat barang datang.

Kepercayaan dari konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting, di ibaratkan seperti "nyawa" dari bisnis online. Memperoleh satu kepercayaan merupakan tantangan besar bagi para pedagang untuk dapat terus meningkatkan pelayanan.

Sistem penjualan barang secara online semakin marak seiring dengan kemajuan tekhnologi dan perkembangan dunia internet khususnya jual beli online atau e-commerce. Kemudahan yang ditawarkan melalui jaringan online berjalan seiring dengan sejauh mana penjualan barang dipercaya kualitasnya sesuai harga dan kesesuaian produk yang ditampilkan di layar komputer.

COD merupakan salah satu alternatif untuk menghindari banyaknya pengalaman buruk yang dialami pelanggan karena produk tidak sesuai dengan tampilan atau barang tidak dikirim sama sekali. Namun, sistem ini mempunyai kelemahan. Biaya transportasi dan jangkauan pasar bisnis online Anda akan menjadi kendala.

Sistem COD tidak bisa Anda terapkan terus menerus. Sistem ini hanya dilakukan pada tahap-tahap awal memulai bisnis online. Selanjutnya, jika kepercayaan konsumen terbentuk Anda harus lebih mengandalkan sistem paket barang untuk melayani pelanggan Anda.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: