Rabu, 18 September 2013

Penipuan Jual Beli Online Marak Terjadi di 2013

Saat ini banyak laporan penipuan yang masuk ke situs-situs terkemuka bahkan sampa laporan yang masuk ke Polres Jakarta Selatan, "Ada banyak kasus mengenai penipuan online. Tapi tentu yang belum lapor juga masih banyak, ini data yang baru kita rekap hanya beberapa saja ," kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Aswin di Mapolres Jakarta Selatan.

Aksi penipuan dengan modus jual beli online atau belanja online semakin marak terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada pertengahan tahun 2013. Tercatat sebanyak 20 kasus penipuan yang telah dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan, dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Ia menjelaskan, dari 20 laporan penipuan modus jual beli online yang terjadi sepanjang awal sampai pertengahan2013, jumlah kerugian yang diderita oleh para korban mencapai sekitar Rp 153 juta.

"Kebanyakan para pelaku ini modusnya sama yakni menawarkan barang semurah-murahnya dengan pesan singkat maupun situs jual beli, kalau sudah ditransfer uangnya barang tidak dikirim ke pembeli oleh penjual," jelasnya.

Untuk itu, Polres Jakarta Selatan menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan tawaran barang yang harganya lebih murah. Selain itu, jual beli secara konvensional juga lebih baik untuk mengurangi terjadinya penipuan jual-beli maya.

"Lebih baik berhati-hati dan kalau bisa transaksi secara langsung dalam setiap kali memberi barang," katanya.

Tercatat data kasus penipuan melalui ATM dan online pada Januari 2013, korbannya kehilangan uangnya sebesar Rp. 25 juta.

Sementara di bulan Februari 2013 ada lima orang yang laporan karena menjadi korban penipuan belanja online, diantaranya pada tanggal 5 Februari dengan korban Ahmad Syauki. Saat itu, Syauki ingin membeli handphone BlackBerry (BB) namun bukan barang yang didapat justru malang diperolehnya.

"Syauki tertipudi toko online hingga Rp. 15 juta," ucapnya.

Kemudian pada 14 Februari 2013 ada dua orang korban yang melaporkan kasus ini, yaitu Nurul Pudjiastuti juga kehilangan Rp 3 juta karena tertipu beli kucing di Tokobagus.com dan Arbani Musa (56), yang tertipu membeli tiket di PT Asia Travel hingga Rp 50 juta. Lalu pada 20 Februari 2013, Vinie Astiria tertipu Rp 1,25 juta dan tanggal 22Februari giliran Siti Hermandari Waluyo menjadi korban penipuan online hingga Rp 3 juta.

hati-hatilah dalam transaksi jual beli online di internet, berikut sedikit tips dari forumjualbeli.co.id - fjb
1. jangan tergiur dengan harga murah
2. cek harga pasaran untuk produk baru, tidak mungkin harga jauh lebih murah di toko manapun
3. perhatikan situs / toko online tersebut, mulai dari alamat, no.telpon dll
4. jangan percaya untuk men-transer sejumlah uang berapapun
5. gunakan jasa rekening bersama - rekber untuk keamanan transaksi

semoga bermanfaat..

dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar: